X Mohon maaf! Sebagian besar Audio lama di blog ini tidak bisa diputar disebabkan server audio yang bermasalah, jadi akan diusahakan untuk dialihkan ke server yang lain. Terimakasih!

JS Post by Label

Suatu Kelalaian Bersemangat di 10 Terakhir Ramadhon, Tapi Tidak Bersemangat di 10 Pertama di Bulan Dzulhijjah

Al-Imam Al-Faqih Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin . Disampaikan oleh: Al-Imam Al-Faqih Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin رحمه الله

Berkata Syaikh Al-'Utsaimin رحمه الله :

Sepuluh hari di bulan Dzulhijjah di mulai dari masuknya awal bulan Dzulhijjah, dan berakhir pada hari Ied (sembelihan), Dan beramal pada sepuluh hari tersebut di mana Rasulullah telah bersabda di dalamnya, "Tidak ada dari hari-hari yang mana amalan sholeh pada hari hari tersebut lebih dicintai oleh Allaah dari hari-hari di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah,"

Para sahabat Bertanya, 'Tidak pula jihad fi Sabilillah?'

Kata Nabi: "tidak pula jihad fi sabilillah, kecuali seseorang yang keluar berperang dengan jiwa dan hartanya dan ia tidak kembali dengan sedikitpun dari perkara tersebut (maksudnya meninggal di medan tempur)."

Atas dasar inilah, maka saya memberikan semangat dan dorongan kepada saudara-saudaraku kaum muslimin untuk berlomba-lomba dalam kesempatan emas ini, untuk memperbanyak pada sepuluh pertama di bulan Dzulhijjah dari amalan-amalan shalih, Seperti: membaca Al-Qur'an; berdzikir dengan berbagai jenisnya (takbir, tahlil, tahmid, tasbih); shodaqah; puasa; dan semua amalan sholih lainnya.

Dan yang mengherankan bahwa manusia dalam kelalaian dari sepuluh pertama bulan Dzulhijjah, kamu mendapati mereka pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan mereka bersungguh-sungguh dalam beramal, akan tetapi pada sepuluh pertama bulan Dzulhijjah hampir-hampir kamu tidak mendapatkan seorang pun, yang bisa membedakan antara sepuluh pertama di bulan Dzulhijjah dengan selainnya .(sepuluh terakhir di bulan Ramadhan)

Akan tetapi jika seseorang, tegak melakukan amalan sholih pada sepuluh pertama di bulan Dzulhijjah untuk menghidupkan terhadap apa yang Nabi beri petunjuk berupa amalan-amalan sholih, maka ia berada dalam kebaikan yang besar.

[Majmu Fatawa' 21/ 37-38]
__________

عشرة ذي الحجة تبتدئ من دخول شهر ذي الحجة، وتنتهي بيوم عيد النحر
‎والعمل فيها قال فيه رسول الله -صلى الله عليه وسلم- :
( ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر قالوا : ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال : ( ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك بشيء ) .

وعلى هذا فإني أحث إخواني المسلمين على اغتنام هذه الفرصة العظيمة، وأن يكثروا في عشر ذي الحجة من الأعمال الصالحة
‎▫️كقراءة القرآن 
‎▪️والذكر بأنواعه :
‎ تكبير، وتهليل، وتحميد، وتسبيح، 
‎▪️والصدقة 
‎▪️والصيام، 
‎▪️وكل الأعمال الصالحة
والعجب أن الناس غافلون عن هذه العشر تجدهم في عشر رمضان يجتهدون في العمل لكن في عشر ذي الحجة لا تكاد تجد أحدا فرق بينها وبين غيرها

‎ولكن إذا قام الإنسان بالعمل الصالح في هذه الأيام العشرة إحياء لما أرشد إليه النبي -صلى عليه وعلى آله وسلم- من الأعمال الصالحة، فإنه على خير عظيم .

‎[مجموع الفتاوى مجلد21 ص 37- 38]

Diterjemahkan: Al-Ustadz Abu Hanan As-Suhaily حفظه الله
1 DzulHijjah 1445 | 7/06/2024

Sumber:  https://t.me/Nashihatulinnisa/10809
Diposting & Diedit seperlunya di Blog ini.
Alloh Rosululloh Rosul Rasul Dzulhijah sepuluh romadhon shalih sholeh shaleh sholih imam faqih iedul id adha al
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال