JS Post by Label

Perbedaan Hajr terhadap Ahlussunnah dan terhadap Mubtadi'

Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Al-Jawiy Al-Indonesiy .

Pertanyaan: 

Bismillah assalamualaykum syaikh afwan ingin bertanya. Apakah Perbedaan Hajr terhadap ahlussunnah dan Terhadap mubtadi??

Jawaban dengan memohon pertolongan pada Alloh ta'ala:


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Abu Fairuz masih menjaga adab kepada Fadhilatu Syaikhina Hasan Bin Qosim Ar Roimiy حفظه الله.

Tafadhdhol ditanyakan ke Syaikhina Hasan Ar Roimiy حفظه الله yang memimpin kita dalam membantah kebathilan Abu Hazim, apakah beliau menghukumi Abu Hazim sebagai mubtadi'? Jika iya, maka Abu Fairuz akan mendukung beliau dan akan menampilkan dan mengumumkan kalimat semacam itu in sya Alloh.

Dan tahdzir dan hajr terkadang tidak menunggu objeknya itu dihukumi sebagai mubtadi', sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم terhadap Ka'b Bin Malik dan kedua Sahabat yang lain رضي الله عنهم sampai terbukti kejujuran taubat mereka. Al Imam Al Baghawiy رحمه الله setelah menyebutkan hadits tersebut, beliau memerintahkan untuk menghajr orang yang bermudah-mudah meninggalkan sunnah atau melakukan kebid'ahan hidup dan mati. Dan itu umum mencakup mubtadi' dan bukan mubtadi'.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak memerintahkan para Sahabat yang dihajer tadi untuk bercerai dengan istri-istri mereka. Sedangkan untuk mubtadi' maka para ulama melarang mempertahankan hubungan suami isteri antara sunniy dan mubtadi'.

Jelas status seseorang sebagai mubtadi' itu lebih parah daripada status sebagai Ahlussunnah yang terlumuri penyimpangan. Dan boleh jadi jika status kedua ini dia pertahankan dan bersikeras membela penyimpangannya maka dia akan terperosok pada status pertama.

والله تعالى أعلم بالصواب

Sumber:  t.me/fawaidMaktabahFairuzAdDailamiy/4036
Diposting & Diedit seperlunya di Blog ini.
Judul: dari Sumbernya.
alloh qosim ahlus ahlu sunnah ahli ahlis roimiy kebatilan tobat hajer dihajr hajr
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال