JS Post by Label

Faktor Penghalang Syaikh Yahya Al-Hajuriy Belum Memvonis Abu Hazim sebagai Hizby Mubtadi'

Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman Al-Jawiy Al-Indonesiy . Dan Syaikh kami Yusuf Al Jazairiy hafidzahullah menyebutkan di antara sebab-sebab yang terkadang 'Ulama An Nashihin tidak mencocoki kebenaran tentang sebagian para pelaku bid'ah dan fitnah. Pada risalah tersebut kita sebutkan secara ringkas:

1. Bithonah (orang dekat/kepercayaan) yang buruk yang menghalangi seorang 'Alim yang mulia sunniy yang kuat dari mencapai pengoyakan tabir si pelaku permainan, pelaku makar, si penipu, lagi si penyusup tersebut.

2. Si 'Alim tersebut tidak punya waktu, seluruh waktunya dihabiskan untuk ilmu dan mengajar.

3. Posisinya yang jauh dari tempat kejadian, si Penjahat misalkan di Mesir, atau Yaman atau Syam, sementara si Alim tersebut misalkan di Negara Saudi.

4. Di antaranya telah tertanam dalam benak orang yang berilmu ini dan terngiang dalam pikirannya bahwasanya orang tersebut adalah orang yang terpercaya di sisinya, sehingga dia tidak sanggup mencapai apa yang telah disingkap oleh selainnya dari orang yang berilmu dikarenakan sebab-sebab yang telah lalu dan selainnya. Akan tetapi yang tertanam dalam benaknya yang telah lalu bahwa dia itu sunniy dan da'i ilalllah, dan orang itu (berhias) di hadapannya dengan penampilan sunnah dan berdakwah kepada sunnah, (sampai ucapan) dan dia tidak tahu tipu muslihatnya maka bagaimana kita berbuat??

Kita beramal dengan ucapan orang yang berilmu itu (yang menjarh dan memvonisnya dengan penyimpangan) yang menegakkan dalil dan menegakkan bukti-bukti yang mengharuskan kita waspada dari laki-laki (yang menyimpang) tersebut dari buku-buku, kaset-kaset dan individunya. ADAPUN ALIM YANG MULIA TERSEBUT (YANG TIDAK MEMVONIS PELAKU FITNAH TERSEBUT) MAKA DIA TETAP PADA KEDUDUKANNYA DI SISI KAMI, KAMI TIDAK MENJARHNYA DAN TIDAK PULA MENJATUHKAN KEHORMATANNYA DAN TIDAK PULA MENGURANGI KEMULIAANNYA, BAHKAN KITA MEMBERI UDZUR UNTUKNYA, dan kita katakan; "Ia tidak tahu, seandainya dia tahu sebagaimana yang kami tahu niscaya dia akan seperti kita atau lebih keras dari kita," wallahu a’lam..

[Zajru Ar Ra'aa hal. 52-53]

Faedah dari: Al Ustadz Abu Abdirrohman Shiddiq Al Bughisi حفظه الله 
Dalam tulisan "ADIB BA HUMAID SI SOK ALIM TERIAK 'SOK ALIM' "

PENANYA:

Apakah faedah ini juga bisa di kaitkan dengan keadaan Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuriy حفظه الله تعالى yang belum juga memvonis Abu Hazim karena ada penghalang sebagai mana yang di sebutkan oleh Syaikh Yusuf Al-Jazairy حفظه الله تعالى ini yaa Syaikhona?

JAWABAN:

Ya, sangat betul in sya Allah.
_______________________________

Dijawab oleh: Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy Aljawiy Al Qudsiy حفظه الله تعالى

Sumber:  t.me/dars_syaikh_abu_fairuz/2409
Judul: Dari Sumbernya. Diposting & Diedit seperlunya di Blog ini.
faidah
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال