X Mohon maaf! Sebagian besar Audio lama di blog ini tidak bisa diputar disebabkan server audio yang bermasalah, jadi akan diusahakan untuk dialihkan ke server yang lain. Terimakasih!

JS Post by Label

Apakah Boleh Bertindak Berdasarkan Fatwa Sebagian Ulama Walaupun Menyelisihi Dalil?

Asy-Syaikh Al-Allamah Sholih bin Fauzan Al-Fauzan . Dijawab oleh: Asy-Syaikh Al-Allamah Sholih bin Fauzan Al-Fauzan   حفظه الله تعالى


Pertanyaan: 
Ada sebagian orang yang bertindak berdasarkan fatwa sebagian ulama tentang (bolehnya) mencukur jenggot dan mendengarkan nyanyian, dan selain dari itu. Dan dia menyebarkan artikelnya di kalangan masyarakat. Maka apa hukum perbuatannya tersebut?, dan apakah ia terbebas dari kewajibannya dengan bertindak sesuai fatwa-fatwa mereka? 

Jawab: 
Alhamdulillah... Sungguh Allah tidak menyerahkan kita kepada fatwa-fatwa sebagian ulama atau ucapan-ucapan sebagian ulama. Melainkan Allah menurunkan kepada kita sebuah kitab (Al-Qur'an) dan mengutus kepada kita seorang Rosul, sehingga kita mengikuti apa yang ada dalam Al-Kitab dan As-Sunnah, dan tidak mengikuti kesalahan-kesalahan para ulama, atau mengikuti perbedaan pendapat para ulama yang bertentangan dengan dalil. Maka siapa yang menginginkan keselamatan pada dirinya serta terbebas dari kewajibannya, janganlah dia mengambil (pendapat) kecuali apa yang ditunjukkan oleh dalil, dan janganlah dia bertanya kepada ulama kecuali kepada siapa yang dia percayai keilmuannya dan agamanya, sehingga dia terbebas dari kewajibannya.

__________

السؤال: هناك بعض الناس يعملون بفتاوى بعض العلماء في الأخذ من اللحية وسماع الغناء وغير ذلك، وينشر مقالته بين الناس، فما حكم فعله، وهل تبرأ ذمته بالعمل بفتاويهم؟

الجواب: الحمد لله أن الله لم يكلنا إلى فتاوي بعض العلماء أو أقوال بعض العلماء، بل أنزل علينا كتابًا وأرسل إلينا رسولًا فنحن نتبع ما في الكتاب والسُّنة، ولا نتبع غلطات العلماء أو خلاف العلماء المخالف للدليل فالذي يريد نجاة نفسه وبراءة ذمته لا يأخذ إلا ما دل عليه الدليل ولا يسأل من العلماء إلا من يثق بعلمه ويثق بدينه حتى تبرأ ذمته.

Diterjemahkan: SalafyWeb.Com
Dikoreksi: Al-Ustadz Abu Sulaim Sulaiman Al-Ambooniy  حفظه الله تعالى
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال