X Mohon maaf! Sebagian besar Audio lama di blog ini tidak bisa diputar disebabkan server audio yang bermasalah, jadi akan diusahakan untuk dialihkan ke server yang lain. Terimakasih!

JS Post by Label

Cuplikan Fatwa seputar Haramnya Musik dan Nyanyian

Al-Imam Al-Allamah Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz . Disampaikan oleh: Al-Imam Al-Allamah Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz -rohimahulloh-


Nanyian² itu diharamkan. Dan sungguh para ulama telah menetapkan akan hal itu. Dan sebagian ulama telah menukilkan ijma' / kesepakatan ulama akan hal tersebut. Dan di antara dalil²nya yaitu ucapan Allah ta'ala:

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَشْتَرِى لَهْوَ ٱلْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ...

"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan percakapan kosong untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa ilmu..." [QS. Luqman:6]

Berkata sebagian besar Ulama tafsir: Sesungguhnya yang dimaksud disitu adalah nyanyian², demikian pula suara² musik. 

Dan berkata Rosul صلى الله عليه وسلم di dalam hadits yang shohih:

لَـيَـكُوْنَـنَّ مِنْ أُمَّـتِـيْ أَقْوَامٌ يَـسْتَحِلُّوْنَ الْـحِرَ ، وَالْـحَرِيْرَ ، وَالْـخَمْرَ ، وَالْـمَعَازِفَ.

"Sungguh, benar-benar akan ada di kalangan ummatku sekelompok kaum yang menghalalkan perzinahan, sutera, khamr (minuman keras), dan alat-alat musik." [HR. Bukhori no. 5590]

Dan Al-Hir maknanya adalah Zinah, Dan sutera ma'ruf diharamkan atas kaum laki-laki. Dan Khomr ma'ruf diharamkan untuk semua kalangan, yang mana dia adalah minuman keras. Dan Al-Ma'aazif adalah nyanyian² dan apa yang dimainkan dengannya dengan alat² musik. 

Maka wajib bagi setiap orang beriman untuk waspada dari hal tersebut. Dan tidak dibolehkan mendengarkan itu (musik), tidak dari radio, tidak pula dari selainnya.

___________________

الأغاني محرمة، وقد نص أهل العلم على ذلك، وحكى بعض أهل العلم إجماع أهل العلم على ذلك، ومن أدلة ذلك قوله تعالى: وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ [لقمان:6]، قال أكثر علماء التفسير: إن المراد بذلك الأغاني، وهكذا أصوات الملاهي، وقال عليه الصلاة والسلام في الحديث الصحيح: ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف، والحر: هو الفرج الحرام يعني: الزنا، والحرير معروف محرم على الرجال، والخمر معروف محرم على الجميع وهو المسكر، والمعازف هي الأغاني وما يعزف به من آلات الملاهي.

فالواجب على كل مؤمن ومؤمنة الحذر من ذلك، ولا يجوز استماع ذلك لا من إذاعة ولا من غيرها.

Diterjemahkan oleh: SalafyWeb.Com
Dikoreksi oleh: Al-Ustadz Abu Sulaim Sulaiman Al-Ambooniy 
nyanyian lagu nasyid musik alat abdulaziz ibnu bin
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال